Cara Mudah Belajar Matematika

Cara Mudah, Cepat dan Tepat Belajar Matematika

Matematika adalah salah satu ilmu pengetahuan yang penting dan selalu digunakan didalam kehidupan sehari-hari. Namun masih banyak yang menganggap bahwa matematika itu sulit dipelajari, sehingga kali ini My Info Math akan mengulas tentang Cara Mudah Belajar Matematika.

Sebenarnya untuk melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tidaklah ada cara yang instan, tentu hal ini berlaku juga ketika kita ingin mempelajari matematika. Tetapi kabar baiknya adalah disetiap usaha pasti ada cara yang lebih mudah, cepat, dan tepat.

Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan didalam belajar matematika, dan poin-poin ini sudah saya terapkan didalam kehidupan saya sendiri, sehingga saya sangat menyukai matematika dan hingga sekarang saya memilih untuk menempuh pendidikan S1 di FKIP jurusan Pendidikan Matematika.

1. Menyukai Matematika dari Sekarang

Ketika kita sudah menyukai sesuatu, maka kita akan selalu ingin melakukan hal itu. Sama halnya ketika kita sudah menyukai matematika maka kita akan selalu ingin mempelajarinya.

Untuk itu kita harus menyukai matematika dari sekarang. Sebenarnya usia emas untuk poin ini adalah ketika kita berada dijenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD), karena pada usia itu kita masih polos dan memasukkan segala pengetahuan dan sugesti secara langsung tanpa berfikir lama.

Dan hal ini adalah tugas penting bagi seorang Guru Sekolah Dasar, dimana ketika matematika diajarkan dengan motivasi yang tepat dan cara yang benar dan menyenangkan maka akan menjadi sugesti bagi kita untuk menyukai matematika.

Seperti halnya saya, saya dari kecil sejak SD sudah menyukai matematika, karena Guru saya di kelas 3 SD sangat menyenangkan dalam mengajar matematika, bahkan sebagai motivasi, ketika mendapat nilai 100 maka akan mendapat uang 500 rupiah, dan 500 rupiah dimasa saya itu sangat banyak.

Nah, gimana kalau semua itu sudah berlalu?, maka yang perlu kita lakukan adalah melakukan dari sekarang yaitu dengan menyukai matematika dari sekarang. Meskipun tetap saja kita tidak bisa menyangkal jika guru kita disekolah adalah ujung tombak bagi kita untuk menyukai pelajaran matematika.

Untuk caranya, caranya tergantung dari kita masing-masing, misalnya adalah belajar kelompok matematika dengan teman sekelas, ikut les matematika, ikus les sempoa atau skill seperti menghitung matematika dengan keduan jari tangan, dll. Intinya yang berhubungan dengan matematika.

2. Duduk di bangku paling depan

Salah satu usaha untuk mengusai pelajaran adalah dengan duduk dibangku paling depan, ketika kita berada dibangku paling depan maka kita dapat mendengarkan penjelasan guru dengan baik, baik dari suara guru yang jelas maupun tulisan guru dipapan tulis yang terlihat dengan sempurna. Dan ketika duduk dipaling depan kita juga bisa leluasa bertanya dengan guru kita.

Coba jika kita duduk dibangku belakang atau paling belakang, maka banyak sekali godaan untuk tidak memperhatikan guru yang sedang menerangkan pelajaran. Seperti suara guru kurang keras atau jelas, tulisan guru kurang terlihat, hingga diajak teman ngobrol.

Menurut saya, kalau duduk dibagian belakang itu adalah sebuah kerugian bagi kita, karena kita tidak dapat menguasai pelajaran dengan maksimal seperti yang berada dibangku paling depan. Jadi mulai sekarang harus berangkat pagi dan mendapatkan bangku paling depan.

3. Jangan Takut bertanya, harus berani bertanya.

Matematika adalah ilmu yang cukup rumit dan bersifat abstrak, tetapi itulah salah satu kelebihan matematika yang menjadi daya tarik tersendiri. Ketika ada suatu soal yang sulit dikerjakan, pada mulanya kita bisa mengira-ngira cara pengerjaan mana yang tepat.

Setelah berbagai cara telah dilakukan, seperti pakai rumus yang mirip dicontoh, sesuai materi, bahkan pakai cara sendiri, namun alhasil tetap salah juga.

Pada akhirnya solusi terakir adalah bertanya pada guru, dan setelah jelas pasti terdengar kata " Ooooooo..... gitu ya", sesuatu yang penuh dengan tantangan.

Jadi jangan takut dan malu untuk bertanya kepada guru ketika bingung dan belum yakin dengan jawaban. Tetapi ada sebagian guru yang sedikit cuek, kalau begitu sebaiknya tanya pada teman terlebih dahulu.

Namun bertanyalah pada teman yang lebih pintar dari kita, dan biasanya anak yang lebih tahu itu duduk dibangku paling depan, karena mereka pasti fokus mendengarkan pelajaran didalam kelas.

4. Selalu masuk kelas atau ikut pelajaran matematika

Matematika itu adalah pelajaran yang selalu berkelanjutan, artinya satu materi akan menjadi syarat untuk menguasai materi selanjutnya. Jadi ketika materi sekarang kita lewatkan, maka untuk mempelajari materi selanjutnya kita akan mendapat hambatan atau kesusahan,

Sehingga matematika menjadi beban buat kita. Jadi usahakan masuk sekolah terus dan mengikuti pelajaran matematika dengan semangat dan baik.

5. Menguasai beberapa trik untuk belajar

Untuk mempelajari matematika kita juga perlu beberapa skill atau trik untuk menunjang belajar matematika.

Misalnya adalah saat kita kesusahan untuk mengingat hasil perkalian bilangan 1 sampai 10 atau 11 dan seterusnya, maka yang saya lakukan dulu adalah mempelajari perkalian dengan kedua jari tangan, dan itu saya dapat ketika ikut les berhitung dengan sempoa, tetapi sahabat bisa mempelajari perkalian dengan kedua tangan dengan membeli bukunya di toko-toko buku.

6. Tidak hanya menghafal rumus, tetapi juga memahaminya

Terkadang banyak siswa belajar matematika hanya dengan menghafal rumusnya saja, tetapi tidak memahaminya, alhasil jika diberi soal yang berbeda maka akan bingung sendiri. Terus kalau perlu untuk memahaminya, bagaimana caranya?.

Caranya adalah dengan mengetahui dari mana asal rumus itu dan kapan kita harus menggunakan rumus itu, dan ketika kita mengetahui sebuah contoh soal maka yang harus kita tahu adalah kenapa kita harus menggunakan rumus atau cara ini, dan sebagainya.

Jadi disini memahami juga membuat kita berlogika, membayangkan, berfikir. Jadi setelah kita paham maka ketika kita mempunyai soal baru kita bisa membayangkannya, misal mengkaitkan soal dengan peristiwa atau kejadian pada kehidupan nyata atau didalam penglihatan kita, dan akhirnya kita bisa menemukan rumus yang tepat.

7. Terus mencoba soal dengan Menuliskannya

Matematika adalah ilmu yang dipelajari dengan berhitung dan penuh dengan angka-angka. Jadi untuk mempelajarinya kita perlu untuk menuliskannya didalam kertas. Hal ini juga menjadi lanjutan dalam proses pemahaman dan menghafal rumus.

Jadi untuk mengerjakan soal matematika harus ditulis, jangan hanya teori saja atau membayangkan rumusnya saja. Sebenarnya juga, ketika kita sedang menulis maka otak kita secara bersamaan juga memproses untuk mengingat apa yang sedang kita tulis.

Semakin kita sering dan banyak menuliskannya maka semakin cepat kita paham dan mengingat pelajaran, dan itu tidak hanya berlaku pada pelajaran matematika tetapi pada semua pelajaran.

Baca Juga: Kenapa siswa takut matematika?

Dan bagusnya lagi adalah menuliskannya didepan kelas atau maju kedepan, jadi kita tidak hanya akan bisa menuliskannya atau mengerjakannya, tetapi kita juga bisa melatih keberanian kita untuk maju kedepan kelas atau orang banyak.

Demikianlah beberapa poin yang harus kita lakukan agar belajar matematika menjadi lebih mudah dan cepat, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment