Pengertian dari Matematika

Apa pengertian dari Matematika

Untuk artikel pertama, My Info Math akan membahas tentang pengertian dari matematika. Mungkin sudah ada banyak situs/blog di internet yang mengulas tentang pengertian dari matematika, namun kami akan mencoba untuk mengulasnya kembali.

Kata "matematika" bukanlah suatu yang asing untuk kita dengar maupun kita ucapkan. Dan sebagai seorang yang pernah duduk dibangku sekolah tentu saja kita pernah mempelajari salah satu ilmu pengetahuan yang dijadikan pelajaran pokok ini.

Namun meskipun begitu, masih banyak dari kita yang belum paham benar tentang apa pengertian matematika dan dari mana kata itu berasal. Sekarang mari kita bahas bersama-sama untuk mengetahui pengertian dari matematika tersebut.

Kata matematika berasal dari bahasa latin mathematika, yang awal mulanya diambil dari bahasa yunani mathematike yang mempunyai arti mempelajari. Sedangkan awal kata dan dari mathematike sendiri adalah mathema yang mempunyai arti pengetahuan atau ilmu.

Dan kata mathematike juga mempunyai hubungan dengan kata yang mirip yakni mathein atau mathenein yang memiliki arti belajar.

Jadi dari beberapa arti kata diatas kita bisa mengatakan bahwa matematika adalah ilmu pengetahuan yang didapat dari proses berfikir atau belajar. Sedangkan matematika menurut para ahli memiliki variansi pengertian, yakni sebagai berikut:

1. Riedesel

Matematika itu adalah kumpulan kebenaran dan aturan. Matematika itu bukanlah sekedar berhitung, tetapi matematika merupakan sebuah bahasa, kegiatan pembangkitan masalah dan pula pemecahan masalah, kegiatan menemukan, dan mempelajari pola serta hubungannya.

2. Johnson dan Rising

Matematika adalah pola fikir, pola mengornisasikan, pembuktian yang logis. Matematika itu adalah bahasa yang menggunakan istilah yang didefinisikan dengan cermat, jelas, dan akurat, representasinya dengan simbol dan padat, lebih berupa bahasa simbol mengenai ide daripada mengenai bunyi.

3. Yansen Marpaung

Matematika adalah sebuah ilmu yang perkembangannya dalam penggunaannya menganut metode deduksi.

4. Kline

Matematika itu bukan ilmu pengetahuan menyendiri yang dapat sempurna karena dirinya sendiri, tetapi adanya matematika itu terutama untuk membantu manusia dalam memahami dan menguasai permasalahan ekonomi, sosial, dan alam.

5. Rey, dkk

Matematika adalah telaah tentang pola dan hubungan, suatu jalan atau pola fikir, suatu seni, suatu bahasa, dan suatu alat.

6. Paling

Dalam Abdurrahman: Mengemukakan ide manusia tentang matematika berbeda-beda, tergantung pada pengalaman dan pengetahuan masing-masing individu. Dari mereka ada yang mengatakan bahwa matematika hanya perhitungan yang mencakup tambah, kurang, kali, dan bagi.

Tetapi ada pula yang melibatkan topik-topik seperti aljabar, geometri, trigonometri, dan kalkulus. Serta banyak pula yang beranggapan bahwa matematika mencakup segala sesuatu yang berkaitan dengan berpikir logis (logika).



Itulah beberapa definisi pengertian matematika dari beberapa ahli. Dan seperti yang telah kita tahu bahwa semua definisi diatas berbeda-beda. Sehingga kita bisa mengatakan untuk mendifinisikan pengertian matematika secara akurat dan pasti itu adalah sulit.

Dan bahkan sampai sekarang belum ada kesepakatan dari para matematikawan didunia tentang pengertian matematika. Karena sasaran penelaahan matematika tidaklah konkrit, melainkan abstrak.

Dengan mengetahui sasaran penelaahan itulah kita akan dapat mengetahui hakikat matematika yang sekaligus dapat kita ketahui juga bagaimana cara berfikir matematika.

Jadi untuk menjawab apa pengertian dari matematika?, tidak dapat kita katakan sekedar dengan kata-kata. Untuk mengetahui pengertian matematika yang sebenarnya, kita perlu mempelajari sendiri ilmu matematika itu.

Baca Juga: Sejarah dari Matematika

Metematika itu tumbuh dan berkembang karena sebuah proses untuk berfikir, oleh sebab itu logika adalah dasar dari terbentuknya matematika.

Karena tidak ada definisi secara pasti tentang apa itu matematika (pengertian matematika), tentu saja setiap orang boleh mempunyai definisi sendiri, termasuk juga saya dan anda. Sebagai penulis saya mempunyai pengertian sendiri dari pengertian matematika, yaitu sebagai berikut:

Matematika menurut saya adalah suatu ilmu pengetahuan yang didalamnya mempunyai fungsi untuk menyokong semua ilmu pengetahuan didunia ini, sehingga adanya matematika diharap manusia mampu menyelesaikan berbagai macam masalah yang sedang dihadapi saat ini hingga dimasa depan.

Dan dilihat dari sejarah perkembangan manusia sendiri hingga dimasa modern ini, matematika dikenal sebagai sebuah ilmu yang mengungkap rahasia berbagai macam ciptaan tuhan dialam semesta ini.

Sehingga manusia dapat juga mengatakan bahwa alam semesta ini adalah sebuah penciptaan atas dasar perhitungan matematika yang sangat kompleks dan luar biasa.

Matematika adalah ilmu yang paling penting, raja dari segala ilmu pengetahuan, tanpa adanya matematika semua ilmu akan hampa atau tidak memiliki arti, atau bisa dipastikan semua ilmu itu tidak akan pernah ada atau tercipta tanpa keberadaannya.

Baca Juga: Matematika Sebagai Ilmu Pengetahuan

Demikianlah pembahasan tentang pengertian dari matematika, semoga artikel sederhana ini bermanfaat.


Referensi: id.wikipedia.org

No comments:

Post a Comment