Sejarah dari Matematika

Sejarah matematika 

Pada artkel sebelumnya kita telah membahas pengertian dari matematika, dan sekarang kita lanjutkan dengan mengulas tentang sejarah dari matematika.

Sebenarnya sejarahnya begitu panjang, jadi saya akan membahas sebagian atau ringkasan dari sejarah matematika. Nah, langsung saja kita bahas sekarang.

Matematika adalah elemen penting dikehidupan ini, karena dengan matematika kita dapat memecahankan berbagai masalah dikehidupan sehari-hari, melalui berfikir secara logis.

Sedangkan dalam perjalanan sejarahnya, matematika dapat dikatakan berperan penting dalam membangun peradaban manusia sampai pada era sekarang.

Sejarah metematika adalah sebuah penyelidikan terhadap asal mula penemuan didalam matematika dan juga perluasannya, serta penyelidikan terhadap metode maupun notasi matematika dimasa lalu.

Pada mulanya, sebelum dimasa zaman modern ini dan penyebaran ilmu pengetahuan yang sangat pesat diseluruh dunia, telah diketahui contoh-contoh tertulis dari pengembangan ilmu matematika yang mana telah mengalami masa kejayaan dibeberapa tempat.

Dimulai dari tulisan matematika terkuno yang ditemukan, yaitu Plimton 322 (matematika Babilonia pada sekitar 1900 SM), kemudian lembaran matematika Rhind (matematika Mesir pada sekitar 2000-1800 SM), dan juga lembaran-lembaran matematika Moskwa (matematika Mesir pada sekitar 1890 SM).

Pada semua tulisan itu, semuanya membahas teorema umum yang dikenal sebagai teorema Pythagoras, yang sepertinya menjadi pengembangan matematika tertua dan paling tersebar luas setelah aritmatika dasar dan geometri.

Kemudian sumbangan dari para matematikawan Yunani telah memurnikan metode-metode (khususnya melalui pengenalan penalaran deduktif serta kekakuan matematika didalam pembuktian matematika) dan perluasan pokok bahasan pada ilmu matematika.

Kata matematika itu sendiri diturunkan dari kata Yunani Kuno, μάθημα (mathema), yang berarti "ilmu pengetahuan, belajar, atau sains", juga dari kata μαθηματικός (mathematikós) yang mempunyai arti "suka belajar". Selanjutnya matematika Cina membuat sumbangan lebih dini, termasuk notasi posisional.

Sistem bilangan Hindu-Arab dan aturan penggunaan operasinya digunakan hingga kini, mungkin dikembangkan melalui kuliah pada milenium pertama Masehi didalam matematika India dan kemudian telah diteruskan ke barat melalui Matematika Islam.

Matematika Islam, pada gilirannya telah mengembangkan dan memperluas pengetahuan matematika ke peradaban ini. Semua itu terlihat dari banyaknya naskah tentang matematika yang berbahasa Yunani dan Arab, yang kemudian diterjemahkan kedalam bahasa latin, yang mana mengarah pada pengembangan matematika yang lebih jauh lagi di zaman pertengahan Eropa.

Dari zaman kuno melalui zaman pertengahan, terjadi ledakan kreativitas matematika yang sering kali diikuti oleh abad-abad kemandekan. Bermula dari abad Renaisans Italia pada abad ke-16, pengembangan matematika baru, kemudian berinteraksi dengan penemuan ilmiah baru, dibuat pada pertumbuhan eksponensial, yang kemudian berlanjut hingga sampai sekarang.

Sejarah matematika yang saya rasa begitu panjang dan kompleks, hal ini menunjukkan bahwa matematika memiliki nilai penting dalam perkembangan atas segala aspek di kehidupan kita.

Dan sekarang sejarah matematika telah masuk kedalam dunia teknologi, yang akan memulai babak sejarah baru dari matematika. Sebuah matematika dan bahasa pemograman yang telah menjadi pilar teknologi dimasa sekarang.

Setelah ini kita juga akan menantikan sejarah matematika dimasa mendatang, yang akan tetap berlanjut sampai kita tua dan generasi selanjutnya.

Baca Juga: Matematika Sebagai Ilmu Pengetahuan

Demikian perjalanan singkat mengenai sejarah matematika, semoga bisa bermanfaat.


Referensi: id.wikipedia.org

No comments:

Post a Comment