Self – developed models (model-model dibangun sendiri)

Self – developed models

Self – developed models adalah bagian dari pembahasan tentang Pembelajaran Matematika Realistik (RME). Jadi artikel menjadi pelengkap artikel sebelumnya yaitu tentang model pembelajaran matematika realistik.

Menurut prinsip ini, model-model yang dibangun berfungsi sebagai jembatan antara pengetahuan informal dan matematika formal. Dalam menyelesaikan masalah kontekstual, siswa diberi kebebasan untuk membangun sendiri model matematika terkait dengan masalah kontekstual yang dipecahkan.

Dan sebagai konsekuensi dari kebebasan itu, sangat dimungkinkan muncul berbagai model yang dibangun oleh para siswa/anak didik.

Berbagai model tersebut pada mulanya mungkin masih mirip dengan masalah kontekstualnya. Ini merupakan langkah lanjutan dari re-invention dan sekaligus menunjukkan bahwa sifat bottom up mulai terjadi.

Model-model tersebut diharapkan akan berubah dan mengarah kepada bentuk matematika formal. Dalam PMR/RME diharapkan terjadi urutan pengembangan model belajar yang bottom up.

Dalam pembelajaran matematika realistik sendiri diharapkan terjadi urutan situasi nyata - model ke arah formal - pengetahuan formal.


Inilah yang disebut bottom up dan merupakan prinsip RME yang disebut Self-developed models.

Contoh:

Anak A diberi 6 permen, dan disuruh berbagi permen kepada ke dua temannya, maka berapakah permen yang diterima  kedua temannya agar mempunyai permen yang sama banyak dengan dirinya?

Jawaban:

1. Dalam Korespondensi

    

    

2. Dalam Penjumlahan & Pengurangan

    

3. Perkalian dan Pembagian

6 permen : 3 anak = 2 permen setiap anak

Dari berbagai model yang tercipta dari setiap individu akan menjerumus ke matematika formal yakni  terbentuk sebuah rumus maupun teorema.

Perkalian adalah penjumlahan yang berulang
Pembagian adalah pengurangan yang berulang

         
Sebenarnya pembahasan ini saya kutip dari artikel berbahasa inggris yang saya translate kan dengan Google Translate, walaupun begitu dengan struktur kalimat yang kurang tepat dan rapi semoga bisa sedikit memberi pemahaman tentang self – developed models.

Baca Juga: Generalising vs Transfer pada RME

Demikianlah pembahasan tentang pengertian self – developed models (model-model dibangun sendiri) oleh para siswa di dalam model Pembelajaran Matematika Realistik (RME), semoga artikel ini bisa membantu dalam pemahaman kita.


Ref : Lembaran materi dari dosen

No comments:

Post a Comment